Cara Latihan Teknik Slalom Dalam Safety Riding + video

Melatih Teknik Slalom Safety Riding untuk berkendara sehari-hari

Safety riding sudah merupakan hal yang wajib untuk di terapkan dalam berkendara hususnya roda dua (sepeda motor) karena menurut data yang ada, saat ini kecelakaan lalulintas masih di dominasi oleh pengendara sepeda motor, dan yang lebih meperihatinkan mayoritas korban masih termasuk dalam usia produktif (22-50 tahun) silahkan cek sumbernya disini. Bahkan, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian anak-anak di dunia, dengan rentang usia 10-24 tahun.

Melihat dari realita banyaknya korban berjatuhan di jalan raya yang telah di singgung diatas, salah satu faktor terbesar terjadinya kecelakaan lalulintas adalah karena kurangnya kesadaran dalam tertib berlalu lintas, misal :

  • Menyerobot lampu merah
  • berkendara ugal-ugalan
  • tidak menggunakan Helm standar
  • kelebihan muatan
  • dll

Ada hal lain yang tidak kalah penting dari kesadaran akan peraturan dalam berlalulintas, yaitu keterampilan dalam pengoperasian kendaraan, yang sering di sebut dengan istilah “SAFETY RIDING” alias Berkendara yang aman.

Dalam safety riding salah satu yang harus di kuasai adalah teknik SLALOM, (sebelumnya pernah komatkamitblog bahas disini,)

Teknik slalom atau sering juga di sebut dengan istilah zig zag, terdengar mudah memang saat mendengar kata zig zag, namun dalam realitanya zig zag ini malah banyak menjadi penyebab kecelakaan karena dilakukan dengan serampangan alias ngawur.

Teknik ini di pakai ketika menemukan kondisi  jalanan seperti Lobang atau sedang melakukan tikungan balik arah ( U-turn ) dengan kecepatan rendah dan keadaan lalulintas awan arah yang aman  . Dan ternyata cara melakukannya nggak sembarangan loh, ada tekniknya. di dunia safety riding namanya teknik Counter Weight.

Teknik Counter weight atau dalam bahasa kita -” melawan Bobot ” dimana saat belok kemiringan motor itu akan menghasilkan bobot ke arah kemiringan karena pusat masa berubah dan ini harus ‘dilawan’ dengan bobot badan kita untuk mengimbangi. Jika arah nikung ke kanan, maka bobot badan kita pindahkan ke kiri dan sebaliknya. Cara sederhananya adalah dilakukan dengan menggeser posisi duduk kita ke arah kiri ketika motor menikung ke kanan.

Namun patut dicatat sob Pandangan mata diarahkan ke sudut tikungan terjauh, bukan ke bawah sembari membuka gas konstant secukupnya dengan bantuan rem belakang. sebagai gambaran saja, coba tonton cara pembalap motocross memposisikan tubuh dalam melahap tikungan.

Untuk berlatih slalom bisa temen-temen perhatikan video dibawah ini

Jika Anda ingin berlatih, pasang enam kerucut slalom 4 meter, dan 4 meter setelah kerucut slalom terakhir, letakkan kedua gambar 8 kerucut (enam meter di antara keduanya). Tempatkan kerucut lain tiga meter setelah 8 kerucut terakhir dan jangan melewati ini! Anda juga hanya memiliki 4 meter masing-masing sisi saja. 🙂

Ini contoh tes safety riding grabike 


Kalau temen-temen sudah lancar, boleh lah icip-icip kaya yang di video dibawah ini 😀

Semoga bermafaat

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978