Anda Kena Tilang? Mulai Besok Tak Perlu Sidang

Kabar baik bagi agan-agan yang baru kena sanksi tilang, karena Mulai besok Jum’at 6 Januari 2017 Pelanggar lalulintas di wilayah hukum Jakarta Barat  Tak Perlu Ikut Sidang Tilang.

Ilustrasi Tilang Jakarta Barat tak perlu sidang

Ilustrasi Tilang di Jakarta Barat tak perlu sidang

Berdasarkan informasi yang admin kutip dari detiknews, Para pengendara kendaraan yang ditilang di wilayah hukum Jakarta Barat tidak perlu ikut sidang tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat mulai hari Jum’at besok. Jadi masyarakat tidak perlu berdesakan bercucuran keringat dan membuang-buang waktu apalagi berurusan dengan calo.

Begini penuturan Kepala Kejari Jakarta Barat Dr Reda Manthovani

“Tidak perlu sidang tilang, cukup buka website Kejaksaan Negeri Jakarta Barat atau website PN Jakbar,” pada hari ini Kamis (5/1/2017).
Aplikasi tersebut akan efektif berlaku mulai besok Jum’at 6 Januari 2017. Nanti di website tersebut akan terpampang identitas tiap pelanggar beserta jumlah denda tilang yang harus dibayar.

Setelah itu, pelanggar bisa mendatangi kantor Kejari Jakbar untuk membayar dan mengambil SIM/STNK.
“Kalau harus sidang, kan waktunya lama. Waktu masyarakat banyak yang terbuang, apalagi orang Jakarta kan sibuk,” lanjutnya.

BACA JUGA

Nah, bila belum sempat datang ke Kantor Kejari Jakbar, di website tersebut juga diberikan layanan antar SIM/STNK sampai alamat tertilang. Jadi masyarakat cukup duduk manis di kantor atau di rumah, buka website, maka SIM/STNK akan sampai rumah. Untuk layanan ini, tertilang dikenai biaya antar sesuai dengan tarif ojek harga pasaran.
“Jadinya enak kan? Mudah? Ini juga untuk menghindari percaloan di pengadilan. Kami berusaha memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya lagi.

Waspada Server Down

Pihak Kejari Jakbar juga mengantisipasi bila website PN Jakbar dan Kejari Jakbar down, yaitu dengan cara manual menempelkan daftar pelanggar beserta dendanya di kantor Kejari. Masyarakat yang datang ke kantor Kejari Jakbar tinggal melihat daftar, membayar denda, dan mengambil SIM/STNK.
“Hal ini sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12/2016 dan kerja sama dengan PN Jakbar. Jadi saya harap tidak usah repot-repot sidang lagi,” tutupnya.

Dengan diberlakukannya aturan tidak perlu hadir sidang tilang di Jakarta Barat ini, diharapkan warga yang kena tilang di Jakbar sejak pekan lalu atau sebelumnya tidak perlu ikut sidang.

Nah asik toh, biarpun tidak perlu datang ke pengadilan Jakarta Barat, tapi ingat… Bayar denda tilangnya ya, bisa berabe nanti. 

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978