Wajib baca.!!! Cara perlakukan ban baru dimusim hujan.

Cara perlakukan ban baru dimusim hujan

Komatkamitblog.com – Cuaca pada ahir-ahir ini makin tak bisa di tebak, terkadang pagi panas terik siangnya hujan lebat.Bagi bikers ataupun driver yang baru ganti ban haruslah waspada karena ada zat kimia yang biasa dipakai pada ban baru,  mari kita simak ulasan mengenai ban baru berbahaya di musim hujan.

Ban adalah salah satu unsur terpenting pada kendaraan apapun karena bersentuhan langsung dengan lapisan aspal dan tanah, termasuk sepeda motor dan mobil. Apalagi sekarang mulai memasuki musim hujan seperti sekarang. Kondisi ban harus prima agar tak sulit melewati aspal yang tergenang air.

Menghadapi faktor cuaca seperti ini, banyak pemilik kendaraan bermotor yang kemudian mengganti bannya dengan yang baru. Apalagi jika ban yang saat ini digunakan memang sudah tak layak pakai seperti sudah aus dan getas di beberapa bagian.

BACA JUGA

Walaupun ban baru,ternyata tak bisa langsung dipakai untuk melibas genangan air seenaknya. Permasalahannya… ada lapisan pada ban baru yang justru membuat ban kurang memiliki grip atau cengkeraman yang baik, apalagi di jalan basah. Makin licin jadinya.

” Ban baru dilapisi oleh lilin (silikon) sehingga kurang cocok untuk musim hujan,” ujar Andreas Aldrin, pemilik Rumah Ban Motor yang ada di Jalan Lebak Bulus III No.8, Cilandak, Jakarta Selatan, kepada Liputan6.com, Rabu (31/8/2016).

Silikon juga tak hanya ada pada ban-ban baru. Ada cairan silikon tersendiri untuk ban lama, yang fungsinya adalah mengkilapkan ban sehingga terlihat seperti baru, ini biasa disebut semir ban

Agar lapisan ini hilang, Aldrin mengatakan bahwa ban harus break-in (inreyen). “Kalau tiap ban baru harus break-in dulu sekitar 50 sampai 100 km pertama. Tidak boleh hard brake atau hard throttle ,” tambahnya.

Buat yang belum tahu… 

Hard braking adalah melakukan pengereman cepat , dengan cara menekan tuas rem dengan sekuat tenaga, bikers biasa menyebut rem poll Sementara hard throttling adalah memutar selongsong gas pada sepeda motor atau bejek pedal gas pada mobil, istilah kerennya sih gass poll…

Sumber : liputan6

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978