3 Tips Wajib Memilih Ban Untuk Musim Hujan

Memilih Ban Untuk Musim Hujan Itu Sepele, Tapi Susah

Tips Memilih Ban Untuk Musim Hujan

Ilustrasi Tips Memilih Ban Untuk Musim Hujan

Dalam pemilihan ban sepeda motor yang bisa dipakai dimusim hujan memang perlu perhatian khusus, dalam artian untuk mengejar performa daya cengkram yang optimal bisa dibilag gampang-gampang susah, sebab jika salah beli ban bisa jadi ketika harus bermotor ria dikala hujan kita jadi tidak percaya diri. Kalau rasa percaya diri sudah berkurang, Rasanya Selama riding juga jadi ada rasa waswas, takut terpeleset, takut harus mengerem mendadak dll.

Lalu… bagaimanakah ban yang cocok untuk musim hujan tersebut? Melansir Astra Credit Companies (ACC), yang admin kutip dari liputan6, berikut ciri-cirinya:

  • Ban yang baik untuk musim hujan adalah ban dengan motif kembangan bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat atau jarang, bukan ban dengan motif kembangan yang rumit. Ban dengan pola kembangan bergaris memiliki daya cengkeram optimal, dan lebih maksimal dalam memecah air.

BACA JUGA

 

  • Selain bermotif rumit, jangan pula gunakan ban slick. Meskipun jenis ban ini dapat mencengkeram aspal kering dengan maksimal, tetapi saat musim hujan fungsinya tidak berlaku. Selain itu, jangan pula gunakan ban yang benar-benar baru saat musim hujan karena biasanya masih dilapisi silikon licin.
  • Terakhir, perhatikan pula tipe alur pada ban. Ban memiliki dua tipe alur, yaitu bidirectional dan undirectional. Alur bidirectional lebih cocok untuk musim kering, sementara undirectional untuk musim hujan, makanya pilih yang undirectional ini.

Ciri ban undirectional adalah memiliki telapak berbentuk V atau anak panah. Ban ini hanya bekerja optimal jika diluncurkan searah dengan yang direkomendasikan pabrikannya. Jenis ban ini lebih efektif dalam memecah air.

Tips Memilih Ban Untuk Musim Hujan tipe undirectional

Memilih Ban Untuk Musim Hujan tipe undirectional

Nah sudah cukup jelas dengan 3 Tips Wajib Memilih Ban Untuk Musim Hujan diatas belum…? Mangga didiskusikan kalau masih ada yang perlu disampaikan.

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978