Salah Cara Starter, Aki Motor Kamu Bakal Cepet Soak

Tips memperpanjang usia aki motor

Ilustrasi tips memperpanjang usia aki motor

Ilustrasi tips memperpanjang usia aki motor

Usia aki memang variatif, bahkan punya teman KKblog ada yang sampai 4 masih tokcer, namun ada juga yang cuma 6 bulan sudah soak. Kalian pasti sebal saat aki motor yang masih terbilang masih baru tapi sudah soak, iya kan…? nah ternyata kebiasaan kita saat menyalakan mesin motor kita terutama motor bersistem pengkabutan injeksi alias motor injeksi juga sangat berpengaruh pada keawetan aki, kok bisa…? ya bisa… cekidot bro…

Pada sepeda motor injeksi sudah pasti di lengkapi dengan lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL), ini bertujuan agar jika ada kelainan atau kerusakan pada komponen injektor, sensor, kelistrikan dll lampu MIL tersebut akan berkedip. Contoh kecil pada motor matic yang dilengkapi sensor standar samping akan  berkedip saat mesin motor nyala kita turunkan standarnya, maka mesin akan mati dan lampu MIL ini akan berkedip.

Namun mungkin karena kebiasaan kita yang dulunya menggunakan motor karburator yang ketika putar kunci ke posisi ON langsung pencet tombol starter dan tidak menimbulkan masalah apa-apa. ternyata kebiasaan tersebut sangatlah berpengaruh pada panjang atau pendeknya aki motor kesayangan kita, dan bahkan ada yang mengatakan akan memperpendek usia injektor juga, kalau injektor yang kena makin runyam lagi nantinya.

Untuk memperpanjang usia aki maka kita harus tunggu lampu MIL tersebut mati dahulu sebelum kita pencet tombol starter motor kita, akan lebih baik lagi kalau motor kita idle dalam waktu -+ 8 jam dan ada yang bilang 4 jam, sebelum kontak ON selah dulu starter engkolnya (genjot dulu bro…)

Sepele kan… Namun justru dari hal sepele ini lah kita kadang timbul sesuatu yang sangat serius, ga usah ngeyel deh…

Baca Juga :

Coba kalau aki motor yang masih dalam hitungan bulan pagi-pagi kita mau pakai sekolah padahal pas hari itu juga ada ujian ahir sekolah, masa cuma gara-gara aki soak kita telat sampai mengerjakan soal ujian, kan konyol…

Perlu kamu ketahui motor-motor sekarang banyak yang ga bisa jalan gara-gara aki soak, KKblog pernah ngerasain sendiri waktu dulu pakai Vario Techno 2010 yang mendadak mogok gara-gara aki soak. Kalau motor tua sih bodo amat ada akinya atau nggak, yang penting jalan.

Intinya kaya gini… Kalau lampu MIL masih nyala, berarti injektor masih menyiapkan bensin agar siap di semprotkan ke ruang pembakaran, dan kerja injektor ini menggunakan listrik dari aki, dan untuk menyakan dinamo starter motor kita juga menggunakan listrik dari aki motor.

Ketika kita memaksakan untuk menyalakan mesin menggunakan starter elektrik berarti kita memaksakan injektor dan dinamo starter bekerja berbarengan menggunakan satu sumber listrik yaitu aki, kalau terlalu sering melakukannya, tentu aki akan bekerja ektra keras secara terus menerus dan hal itu cepat membuat aki soak  biarpun masih berumur 6 bulanan.

Kadang-kadang kan orang alasannya buru-buru lah, terus enggak sempat segala macam ini, itu. Ya akibatnya ke motor juga, padahal nunggu lampu MIL mati ga sampai 5 detik.

Semoga tips memperpanjang usia aki motor ini bisa bermanfaat buat kita semua, jangan lupa share artikel ini ke temen kamu ya bro… biar ga boros akinya.

Thank’s

 

One Response

  1. donimagie

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978