6 Tips Memilih Jas Hujan Yang Benar dan Terbaik

6 TIPS MEMILIH JAS HUJAN YANG BENAR

Komatkamitblog.com – Brosist Sobat bikers semua… Jas hujan atau rain coat merupakan salah satu perlengkapan wajib bagi pengendara sepeda motor saat bepergian di musim penghujan seperti saat ini, jadi jangan salah pilih jas hujan yang cocok buat kalian sobat bikers ya… soalnya tidak semua jenis dan bahan jas hujan dapat diandalkan, terutama saat hujan deras. Nah… makanya kita harus jeli dan pintar dalam memilih jas hujan agar perjalanan tak terhambat meski saat hujan deras. Ok, saya akan bagikan sedikitnya ada 6 tips memilih jas hujan yang benar yang pernah ane pakai sebagai tameng air selama rain race #eh, riding maksudnya.

1 Pilih jas hujan yang berbahan dasar karet

Tips memilih jas hujan yang benar

Tips memilih jas hujan yang benar perhatikan gambar yang telah diberi tanda

Kenapa pada barisan pertama tips memilih jas hujan yang benar ane pilih jas hujan dengan bahan karet, karena sifat karet yang tidak mampu di tembus oleh air meski hujan deras sekalipun, atau bisa juga yang berbahan plastik tebal, terserah sobat mau pilih yang mana, mungkin ada yang bertanya kenapa ga pilih yang berbahan kain berlapis karet atau parasut ya? Memang yang beredar dipasaran atau toko apparel bikers banyak yang menjual jas hujan jenis ini, namun yang ane rasakan saat harus menembus hujan lebat, jas hujan parasut ataupun kain berlapis karet ini masih mampu tertembus air, disamping itu pada bagian maaf (selangkangan) adalah bagian paling rawan tertembus air, tahu kenapa? Karena di bagian selangkangan atau bagian bokong lah kita duduk diatas jok motor yang licin terkena air, karena licin efek gesekan tak dapat dihindarkan maka lapisan karetnya lama kelamaan akan terkelupas dan rontok, makanya pada bagian ini sering terjadi kebocoran.

2 Perhatikan bagian antar sambungan

tips memilih jas hujan yang benar

bagian selangkangan jas hujan karet

Nah pada bagian sambungan Jas hujan yang berbahan karet ini khususnya pada bagian selangkangan dan ketiak, perhatikan baik-baik apakah tersambung dengan kuat, karena berbahan karet cara penyambungannya tentu tidak dengan cara di jahit, melainkan dengan di press panas, soalnya ane pernah beli jas hujan karet tapi pas bagian vital tepatnya selangkangan rekatan sambungannya kurang kuat, sehingga saat di pakai jongkok mudah lepas, solusinya tambal pakai sealant atau lem akuarium, berbeda dengan bahan kain lapis karet yang penyambungannya dengan cara dijahit, tentu saja pada jahitan tersebut menjadi titik lemah karena air akan mudah masuk.

3 Pilih model setelan baju celana

tips memilih jas hujan yang benar

Jas hujan model setelan baju celana membuat kita rileks karena dapat menutupi tubuh kita dengan sempurna

Tips Memilih Jas Hujan Yang Baik dan Benar selanjutnya yaitu Pilihlah jas hujan model setelan baju dan celana karena seluruh tubuh bisa tertutupi dengan sempurna, keseimbangan dan gerakan reflek kita juga tetap terjaga, yang paling menguntungkan pemilihan jas hujan setelan baju celana ini tentu saat hujan disertai angin kencang, jangan pilih jas hujan model ponco atau batman atau apalah namanya karena jas hujan jenis ini tentu membuat hembusan angin yang terpapar pada tubuh kita semakin besar, resikonya hilangnya keseimbangan dan anda akan jatuh. Penggunaan jas hujan model batman ini paling beresiko tersangkut ke putaran rantai, jika bahannya mudah sobek anda beruntung bisa saja tidak jatuh, namun jika jas hujan ponco berbahan tebal anda bisa jatuh tersungkur karena tertarik lilitan gear, kejadian ini pernah ane lihat didepan mata, makanya ane ogah beli.

4 Pilih yang berwarna terang

Tips memilih jas hujan yang benar

Jas hujan berwarna terang atau yang dilengkapi spot ligth membantu rider lain melihat posisi kita dengan jelas

Sobat bikers pasti tahu pasti pandangan mata kita akan berkurang saat hujan lebat, maka dari itu pilihlah jas hujan yang berwarna terang, karena warna terang akan membantu pengendara lain dapat melihat posisi kita dengan baik, atau paling tidak pilihlah jas hujan yang terdapat spot light atau istilah lain mata kucing yang akan menyala bila tersorot oleh cahaya lampu kendaraan lain, biasanya terdapat pada bagian punggung dan dada meski ada pula yang terdapat tambahan di sekitar lengan dan pergelangan kali, sehingga meskipun warna jas hujan kita gelap masih dapat terlihat jelas oleh pengendara lain karena terbantu spot light ini.

5 Jangan remehkan ukuran

tips memilih jas hujan yang benar

Jangan lupa sesuikan ukuran jas hujannya dengan badan Brosist biar ga kedodoran ataupun kekecilan

Jika sobat mempunyai tinggi badan 170cm dan berat 65-70kg tidak salah jika memilih ukuran XL, namun memilih ukuran XXL/XXXL lebih ane sarankan karena jika suatu saat harus menggendong tas tidak perlu repot menggunakan kantong plastik sebagai pelindung tas, penggunaan rain coat husus tas juga tidak perlu, karena pengalaman ane tidak banyak membantu, soalnya tali tas yang basah lama kelamaan akan membasahi isi tas. Ukuran ini tinggal disesuaikan dengan keperluan dan ukuran badan kalian ya sob…

6 Harga menentukan kualitas

Sobat pasti sering dengar istilah “uang membawa rupa“, istilah ini juga berlaku pada pemilihan kualitas jas hujan berbahan karet ini, teman saya pernah membeli jas hujan karet yang harganya di kisaran 100 ribuan baru dipakai sekali sudah sobek di bagian sambungan karena kualitas bahan yang kurang baik, maka dari itu belilah yang harganya di kisaran 180 ribuan, dengan harga segitu sobat bikers bisa mendapatkan yang berkualitas sedang seperti Jas Hujan Karet Merk Axio, ada juga Jas Hujan Merk ASV kalau ane sih beli salah satu dari yang 180 ribuan ini, terbukti satu tahun pemakaian masih OK dan siap tempur.

Kelebihan Dan Kekurangan Jas Hujan Karet

Selain dari 6 Tips Memilih Jas Hujan yang telah ane bahas diatas, tentu harus juga di bahas Kelebihan dan Kekurangan Jas Hujan Karet, karena pemilihan bahan jas hujan pasti ada konsekuensi yang harus di korbankan, monggo di simak…

(+) Kelebihan lain dari jas hujan berbahan karet ini tentu tahan lama dan juga free maintenance alias bebas perawatan cukup di lap pakai kanebo setelah pemakaian agar warna tetap terjaga.

(-) Meski jas hujan jenis berbahan karet memiliki banyak keunggulan, bukan berarti tanpa kekurangan sob, apakah itu? Karena sifat karet yang tidak tembus air maupun angin, maka penggunaan saat hujan rintik-rintik alias cuma gerimis akan terasa sedikit gerah, hingga saat ini baru masalah gerah saja yang ane rasakan.

Oh iya sob… ada info menarik nih buat kalian para bikers sejati yang doyan nongkrong, kongkow atau sharing pengalaman sesama bikers tanah air, termasuk bahasan tentang Tips Memilih Jas Hujan Yang Benar yang ane bagikan ini juga ada, kalau mau bagi ilmu disana juga boleh, serunya lagi kalian bisa mengumpulkan point dari setiap jawaban kalian yang bisa ditukarkan dengan merchandise yang tentu keren-keren, pokoknya ga akan nyesel deh… temen dapet, ilmunya dapet, serunya dapet, meerchandisenya dapet…. wah asik banget sob, tempat itu namanya UNITY TEAM sob, udah klik aja tulisan berwarna biru itu… atau bisa juga samperin mbah google tanya UNITY-TEAM.COM ya sob… semoga kerasan…

Ok brosist… Itulah Tips Memilih Jas Hujan Yang Benar yang pernah ane pakai selama 4tahun belakangan ini, sejauh ini kendala memakai jas hujan karet baru pada masalah gerah saat hujan ringan atau gerimis, keluhan ini bisa diminimalisir dengan sedikit membuka kancing ataupun resletingnya. sekiranya bermanfaat, bagikan artikel ini. Tengkyu 🙂

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978