Yamaha Safety Riding Academy Ajarkan Siswa SMU Cara Berkendara Yang Baik

Yamaha Safety Riding Academy Ajarkan Siswa SMU Cara Berkendara Yang Baik dan Benar

Komatkamitblog.com – Sudah seharusnya produsen otomotif tidak hanya memproduksi sepeda motor maupun mobil, melainkan juga mengajarkan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, cara berkendara yang sesuai peraturan, cara berkendara yang tidak hanya mementingkan diri sendiri tetapi juga memperhatikan keselamatan sesama pengguna jalan yang lain, seperti yang di lakukan produsen sepeda motor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan konsisten menggalakkan safety riding untuk turut membangun generasi muda Indonesia. Sejalan dengan hal itu, diadakan safety riding untuk pelajar bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

image

Praktek Bumpy Course Yamaha Safety Riding Academy

 
Yamaha Safety Riding Academy ini berkaca pada tingginya angka kecelakaan yang sebagian besar dialami kalangan pelajar akibat pelanggaran lalu lintas di jalan raya, yang menurut catatan terakhir Polantas Polda Metro Jaya di tahun 2014 sebanyak 5.966 kejadian, sungguh memilukan karena rata-rata korbannya masih dalam usia produktif.

image

Praktek Bridge Balance Yamaha Safety Riding Academy

 
Program kali ini dinamakan Yamaha Safety Riding Academy yang mulai dilakukan di bulan November 2015 untuk pelajar dan guru SMK & SMU di Bandung. Sebanyak 6 SMK dan SMU dimana satu sekolah diwakili 5 orang siswa dan 2 orang guru, ikut dalam program ini pada 3 – 4 November 2015 bertempat di Lapangan Polda Jawa Barat.
 

”Program Yamaha Safety Riding Academy ini merupakan bentuk kepedulian Yamaha dan Kepolisian terhadap generasi muda penerus bangsa. Dengan aktivitas ini turut membangun budaya safety penggunaan motor serta mengurangi jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang kerap dilakukan kaum muda. Di Bandung ini perdana digelar Yamaha Safety Riding Academy ini, diajarkan Basic Riding Class untuk pelajar yang akan mereka teruskan untuk diajarkan ke rekan-rekannya di sekolah. Tahap-tahap dalam program ini pun bisa mereka ikuti,” jelas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).  

 

”Program Yamaha ini sangat baik karena selama ini teman-teman di bidang otomotif bergerak sendiri. Di Polres sebenarnya sudah dilakukan, misalnya sejak usia dini (paud) dikenalkan tentang rambu-rambu lalu lintas, lalu ada polisi cilik, Patroli Keamanan Sekolah, Police Goes to School. Mereka diberikan edukasi dengan praktek, cara berkendara yang baik. Dan untuk program Yamaha kali ini kami merespons positif dan pesertanya sangat antusias. Kami harapkan program ini terus berlanjut bersama Yamaha,” ujar Mohamamd Tora, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jawa Barat.

Selama dua hari diajarkan teori dan praktek safety riding oleh instruktur dari Divisi Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan dari komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

image

Teori diantaranya mencakup safety riding, berlalulintas dari usia dini sampai masyarakat umum, perilaku berkendara di jalan raya, menekan jumlah kecelakaan di jalan raya. Serta sosialisasi bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang. Setelah itu peserta akan diuji dalam evaluasi pengetahuan safety riding dan diberikan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti Yamaha Safety Riding Academy. Prakteknya mencakup bridge balance, bumpy course, slippy course, speed breaker, chidori balance, slalom.

image

Praktek Slippy Course Yamaha Safety Riding Academy

 

”Kami sangat senang dengan adanya aktivitas ini karena mengenalkan dan mengedukasi pelajar termasuk guru mengenai safety riding. Dengan tingginya angka kecelakaan yang sebagian besar menimpa pelajar, ini merupakan bagian dari cara untuk menghindari hal itu. Dengan akan berlanjutnya program ini, jelas sangat positif dan bermanfaat besar untuk kami,” papar Adi Gunawan, Guru SMK 6 Bandung yang berpartisipasi dalam aktivitas ini.

 
Yamaha Safety Riding Academy ini selanjutnya akan menjadi aktivitas reguler yang memiliki jenjang program mulai dari Basic Riding Class – Riders Class – Bikers Class.

image

 
Dalam Basic Riding Class diajarkan pengenalan basic berkendara lalu lintas dengan pembina instruktur dari Yamaha dibantu pihak Korlantas. Basic inilah yang diajarkan seperti untuk pelajar yang bertempat di Polda Jawa Barat. Setelah 6 bulan pembelajaran lalu naik tingkat ke Riders Class yang diberikan pengetahuan safety riding untuk pelajar yang lebih dalam perihal tata cara berkendara dengan baik dan benar.

image

Peserta Yamaha Safety Riding Academy

 
Berikutnya bisa sampai level Bikers Class setelah 6 bulan pembelajaran di Riders Class. Defensive riding dan program driving schooling dari Kepolisian diajarkan di Bikers Class. Lalu jika ada pelajar yang berminat dan memiliki keinginan untuk terjun ke dunia race maka akan disalurkan ke racer class.

Contact me ↓

E-mail : chamid89@gmail.com
Whatsapp : +6287881198911
Path : komatkamitblog

No Responses

  1. 01/01/2017

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978