Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015, Komunitas Jadi Kelas Favorit, Yamaha Konsisten Edukasi di Sunday Race

Komunitas Jadi Kelas Favorit, Yamaha Konsisten Edukasi di Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015

Sobat KKb dimanapun anda berada, Pelaksanaan Seri 1 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015, yang berlanjut di putaran 2 (13 – 14 Juni) dengan peserta total tercatat 232 starter, bisa dibilang terjadi peningkatan yang cukup signifikan jika melihat peserta seri perdana yang diikuti 147 starter.

Podium Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015

Fakta di lapangan, kelas komunitas (community) menjadi kategori terfavorit, terus bertambah dari berbagai daerah. Diantaranya hadir komunitas Yamaha Revs CBU (YRCI), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Ravens United, R25 Onwer Community on Kaskus (Rock), Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI), R15 club. Semakin spesial, komunitas terbagi kelas A dan B.

Sehubungan dengan pesatnya penambahan dari kelas komunitas, pihak Yamaha Indonesia melakukan langkah potensial penyebaran knowledge atau edukasi pada gelaran Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 ini. Mulai topik safety-gearnya, edukasi riding-skill (Yamaha Riding Analyzer) dan development motor balap. Banyak yang diperoleh rekan-rekan komunitas. Sebagai gambaran, menyangkut penggunaan chest protector, back protector, one piece racing suit menjadi kampanye Yamaha Sunday race bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI). Juga menyangkut wire-lock, oil-catch tank dan under cowling yang menjadi persyaratan safety sehingga harus terpasang di masing-masing motor pebalap.

“Tidak hanya soal safety, misal dalam pengisian air radiator yang harus dengan air agar lebih cepat menguap jika tumpah di sirkuit dibandingkan dengan coolant yang sifatnya licin di permukaan sirkuit, serta komunitas juga mempelajari dasar regulasi balap untuk motor,” ujar M. Abidin GM Aftersales dan Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ahmad Nuropik, salah satu rider dari club YROI asal Tegal melakukan debut fantastis di kelas 250cc komunitas B. Baru pertama kali turun di ajang balap, Ahmad Nuropik langsung naik podium ke-2 di seri ke-2, namun sayang akhirnya harus diskualifikasi setelah scruitineering motor. Rider yang berusia 16 tahun itu pun mengaku puas dan senang, dan jika orang tua mengizinkan dunia balap akan ditekuni untuk jenjang karir ke depannya.

“Berbeda dengan kelas komunitas, pada kelas rider professional yang ikut ambil bagian lebih konsen dalam riset dan pengembangan motor balap R25. Mulai dari oil cooler, radiator besar, ECU setting, dan bore up mesin menjadi 280 cc, serta proses scruitineering setelah juara menjadi salah satu kunci di Yamaha Sunday Race Seri 2 ini,” jelas Supriyanto, Manager Motor Sports YIMM. Terbukti pada seri 1 best time R25 yang 1”47 detik, pada seri 2 semakin cepat 1.45.352.

Hal senada juga di sampaikan oleh rider Hendriansyah, tim kami masih meriset untuk durability mesin pada saat balap karena kelas 250 cc ini termasuk dalam kelas baru. Tidak hanya edukasi pada rider dan komunitas, teknisi pun yang ikut bergabung dalam tim balap ikut belajar mengasah kemampuan mereka dalam mengeset motorsport injeksi Yamaha. Tidak hanya race, aktifitas di luar balap cukup menarik perhatian pengujung. Mereka diberikan kesempatan untuk melakukan test ride produk terbaruYamaha dan beberapa booth yang menyediakan racing kit market menjadi daya tarik tersendiri. Semua vendor/sponsor yang mendukung event ini pun meraup untung yang signifikan dari sisi penjualan dan image. 


Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 :

Kelas 600cc – (Professional Rider) :

1.Wilman Hammar – Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing

2.Yoici Hosono  – Chunetsu Racing Team 

3.Ardan Syauqi – TDR Racing 

 

Kelas 600cc – (Community) : 
1.Dennis A. Sapulete  – Mimo-Privat Engineer
2.Febby Sagita – Dream Garage
3.Syarif Mahmud Alkadri  – MRT Daytona Pontianak

 

Kelas 250cc – (Professional Rider) : 

1.Hendriansyah – Yamaha Nissin BRT HRT KYT FDR Racing Team

2.IrwanArdiansyah – Yamaha Ardian Nissin KYT FDR Racing Team

3.Galang Hendra – Yamaha Tunggal Jaya

Kelas 250 cc (Community A) :
1.Hendy Rudy – Dream Garage
2.Felix – Racetech
3.Asep Supriatna – YROI 

Kelas 250 cc (Community B) :
1.Ahmad Zakky – FSS YROI Racing Team
2.Febri Darmansyah – YROI
3.Ravindra – Ravens United  

Kelas 250 cc (Community B) Exhibition :
1.TeguhWijaksana – YROI
2.R Eurolendra Dutanegara – Ravens United
3.Muhammad Hanif Rabbani – Ravens United  

Kelas 150 cc (Professional Rider) :

1.Febrianus Balank – R9 Factory Racing Team
2.Nico Julian – Scarlet Ferrox Pro Speed VJRS
3.Hendriansyah – Yamaha Nissin BRT HRP KYT FDR Racing Team 

 

Kelas 150 cc (Community A) :
1.Radityo Wibisiono – Invent Speed Boat DapurIbu R93
2. Rezha Setiawan – YROI Michelin Racing Team 

3. Reza Satriana – Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)

 

Kelas 150 cc (Community B) : 
1. M Rizki Cahyadi – Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)

2. Rahmat Hidayat – YR15CI Jakarta Racing Team
3. Ilham Novianto – R15ER 

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978