Test Ride KTM RC200 dan KTM RC390 Bag 1

Seperti artikel yang KKB publish sebelumnya, KTM memang sedang memulai menancapkan cakar di bumi Indonesia Raya ini untuk ikut menikmati kue pasar market share roda dua di segmen motor premium, dengan hadirnya gacoan baru dari KTM yaitu RC200 dan RC390 ini diharapkan paling tidak publik Indonesia semakin membuka mata dan mau meminang produk motor sport ini. Bagiamana impresi kedua motor sport ini? Simak baik-baik ulasan khas KKB berikut ini sob…

image

KTM RC200

KTM RC200

Kita mulai dari motor yang satu ini dulu ya sob, RC200 ini menggunakan satu frame dan engine dengan KTM DUKE 200 sob, dengan penambahan full fairing dan pastinya mapping Electronic Control Unite (ECU) yang berbeda dengan Duke 200 yang memang menganut model naked bike, namun jangan salah sangka dulu terhadap motor ini biarpun satu frame dan satu engine aura motor sport ini tetap sangat lah kental sob.
image

Mesin berkubikasi 199,5cc ini mampu memuntahkan tenaga 25,47 bhp dan 19,2nm cukup besar untuk seukuran 200cc, 6 speed, berpendingin cairan, dan yang paling asik adalah panel instrument speedo meter yang full digital sob, fungsinya juga sangat lengkap mulai dari jam analog, rata-rata pemakaian BBM, rata-rata kecepatan perjalanan dan masih banyak lagi, pokoknya KKB belum nemuin yang selengkap ini pada motor sekelas yang lain, oh iya saat kunci kontak di putar ke arah ON panel speedometer tidak langsung menyala loh, kecuali tombol engine cut sudah pada posisi ON baru speedometer akan menyapa anda dengan READY TO RACE… wah keren banget sob.
image

Bagaimanakah performa KTM RC200?
Performa motor satu gen dengan KTM Duke 200 ini sangat responsif dan bukaan gas pun terasa sangat enteng, terbukti setelah KKB coba puntir selongsong gas rpm cepat mentok di red line, puas bleyer selongsong gas lanjut tekan kopling yang ternyata juga empuk geber dikit injak persneling dan ngacir, benar saja tarikan gigi 1 cepat sekali habis, maklum langsung gas betot sampai mentok :mrgreen: masuk gigi ke 2 baru betot sedikit sudah ada mobil di depan, ya sudah nasib test motor sport di jalanan umum di ibu kota memang seperti ini, macet sob.
image

Setelah sampai belokan di pertigaan nyalakan lampu sign kanan menuju jl margaguna raya jalan semakin macet, nah disini KKB jadi tahu bagaimana handling motor full fairing ini, ternyata enak juga di ajak selap selip di kemacetan, torsi besar tidak terlalu besar untuk di ajak manufer di jalan seperti ini.

image

Spesifikasi singkat RC200

Lanjut putar arah di U turn sebelum lampu merah pondok indah, nah disini jalan relatif sepi namun KKB coba menjaga jarak dari test guide dengan tujuan bisa mengexplor habis-habisan tenaga motor ini, perpindahan dari gigi satu sampai gigi 4 sangatlah cepat tanpa halangan, walaupun jalan sedikit menanjak dan rpm masih panjang di gigi 4 motor ini sudah bisa lari di kisaran 100km per jam karena sudah hampir sampai tikungan bukaan gas di tutup dan melakukan down shift dari 4 ke 2, disini berasa sekali engine break tidak terlalu menjadi halangan, di tikungan pun motor ini masih nurut di ajak cornering, dengan pengereman yang lumayan keraspun suspensi depan yang sudah up side down (USD) terasa yahud menahan limpahan tenaga dorongan dengan stabil.
image

Biarpun di geber habis habisan namun akselerasi motor ini terasa smooth sob, tenaga terus mengisi di setiap pergantian giginya bahkan di gigi 4 sekalipun, sayangnya karena lokasi test ride yang memang jalan raya jadi tidak bisa merasakan tenaga di gigi 5 dan 6. Meskipun demikian KKB merasa cukup puas dengan performa motor ini, dengan tenaga yang besar namun masih enak untuk di pakai harian di jalanan yang sedikit macet. Minusnya dari motor ini adalah mesin yang terasa cepat panas karena kompresi yang cukup tinggi. Intinya bener-bener READY TO RACE sob.

image

Agak jinjit juga hehe

Note : unit motor masih dalam kondisi standar ting ting sob.

8 Comments

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978