Lampu kendaraan bermotor menyilaukan, pilih denda 500rb atau penjara?

Selamat siang bro sis semua, seperti kita ketahui bersama lampu rem alias stop lamp harus berwarna merah dalam arti hasil nyala lampu yang dihasilkan berwarna merah entah bohlamnya yang berwarna merah atau lampu bening tapi dengan tambah dengan mika lampu berwarna merah yang pada umumnya terpasang di motor produksi indonesia.

image

Gambar nyomot punya kang aripitstop

Fungsi lampu rem ini tidak lain adalah untuk memberikan tanda kepada pengendara di belakang kita bahwa kita sedang melakukan pengereman, jadi pengendara di belakang kita pun akan ikut melakukan pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan.
Namun apa jadinya jika bohlam lampu belakang yang rata-rata 25watt atau hampir setara dengan bohlam lampu depan di biarkan telanjang karena mika lampu
belakang dilepas, maka saat lampu rem menyala akan menyala seperti lampu depan? Pastinya sangat berbahaya bro sis, sinar lampu yang seharusnya memberikan tanda berhenti tapi malah menyilaukan pandangan biker di belakang kita karena pengendara di belakangnya bisa tidak fokus dan bisa timbul kecelakaan.

image

Ini juga punya kang ari pitstop

Nah, maka dari itu pemerintah membuat peraturan yang tertera dalam Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 279: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang di pasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana di maksud dalam Pasal 58 di pidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (Lima ratus ribu rupiah).
Oh iya, pasal ini juga berlaku bagi kendaraan yang di menggunakan lampu depan menyilaukan loh, pokoknya yang bikin silau deh…
Udah pada jelas kan bro sis? Sekarang pilih aman dari kecelakaan, di semprot orang, denda 500rb yang pastinya lebih mahal dari pada beli lampu rem belakang atau penjara?
Keep Safety Riding bro sis

Contact me
_____________________
E-mail. : chamid89@gmail.com
Whatsapp. : 087881198911

13 Comments

  1. mansarpost

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini

OIK45612347987978